My Stats

Minggu, 16 Oktober 2011

Penyakit POLIP HIDUNG

Apa yang dimaksud polip hidung?
Bila Anda mengalami  hidung  tersumbat  yang menetap  dan semakin  lama semakin  berat ditambah  dengan ingus  yang selalu menetes serta gangguan  fungsi penciuman,  maka kemungkinan  besar, Anda  menderita polip  hidung. Polip hidung atau polip
nasi adalah massa  (benjolan) tidak normal  yang menonjol  pada  rongga hidung, yang  umumnya  terjadi akibat  reaksidari peradangan  yang berkepanjangan (lronik). Polip hidung merupakan  salah satu jenis penyakit  telinga,  hidung dan tenggorokan  (THT) yang  sudah umum kita dengar di masyarakat. Sebagian  orang  sering menyebutnya  sebagai tumbuh  daging dalam hidung, mengingat bentuknya mirip buah. Bahkan, ada pula yang menyebutnya  sebagai mabuah, yaitu buah yang tumbuh  di saluran hidung.  Sebagian  orang lainnya menamai  tumor  hidung. Polip  hidung biasanya menyerang orang dewasa yang  kemungkinan  disebabkan oleh karena reaksi hipersensitif  atau  reaksi alergi pada mukosa hidung yang berlangsung  lama. Beberapa  faktor  lain yang meningkatkan  kemungkinan  terkena polip hidung antara lain  sinusitis (radang sinus) yang menahun, iritasi, sumbatan hidung oleh  karena kelainan anatomi dan  adanya pembesaran  pada konka. Jika dibiarkan, polip hidung bisa menimbulkan radang otak dan merusak struktur wajah  penderitannya. Sebab,  polip hidung  bukan merupakan penyakit yang murni berdiri sendiri. Keunikan  lain dari polip hidung, penyakit  ini lebih banyak menyerang kaum pria dibandingkan dengan  kaum wanita.

Sebuah  studi epidemiologi  menunjukkan bahwa perbandingan antara polip yang menyerang pria 2-3 kali lebih  besar dibandi ng kan dengan wanita. Dengan prevalensi sekitar 0.2%-4,3%o. T umor j inak ini yang acapkali bisa bersifat multipel  atau tumbuh lebih dari satu, sejarahpertama kalinya mengindentifikasi  4.000  tahun yang  lalu di Mesir Kuno.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar